Minggu, 02 Januari 2011

GPSmap 76Csx / 60Csx untuk mengukur luas area

Semakin berkembangnya jaman, maka banyak ditemukan teknologi-teknologi baru yang akan memudahkan manusia dalam melakukan pekerjaannya.
Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengetahuan tentang penggunaan GPS untuk mengukur luas Lahan.
Coba anda tengok jaman dahulu, ketika seseorang melakukan pekerjaan mengukur luas tanah yang berhektar2, alat apa yang mereka gunakan? Yups… jaman dulu, mungkin bahkan sampai sekarang masih ada yang menggunakan meteran(alat ukur), caranya pun agak rumit ketika medannya tidak beraturan/ tidak persis persegi… cara mudah yang mereka lakukan adalah dengan membagi-bagi persektor diukur, dan diakhir semua dikalkulasi.
Tentu saja Hal ini akan menyita waktu yang sangat banyak, namun kini anda tak perlu bingung lagi menghadapi hal yang demikian.
Contoh kasus ketika anda mempunyai keinginan membeli sebuah tanah untuk sebuah proyek dengan luas berhektar2 sementara bentuknya  tak beraturan, maka anda butuh alat yang memang mudah dan cepat digunakan untuk mengetahui luasnya, sehingga anda dapat mencocokkan antara luas dan harga apakah memang cocok dengan yang kita harapkan. Kalo anda menggunakan Theodolit, maka waktunya akan lama sekali, belum biayanya yang mahal, padahal jadi tidaknya tergantung dari hasil luas dan harganya…..
Untuk memenuhi kebutuhan ini saya sarankan anda menggunakan GPS, dalam hal ini yang sering digunakan adalah GPS Garmin 60Csx/76Csx mengingat harganya yang tidak begitu mahal, kisaran Rp 3,6JT dan fungsinya sangat membantu kerja kita.
Sebenarnya fungsi GPS ini tidak hanya terpaku pada fitur mengukur luas area saja, namun supaya sesuai dengan topic, maka yang akan saya jelaskan focus terhadap ini saja.
Bagaimanakah prinsip kerjanya?
Pada dasarnya fungsi GPS lah yang kita gunakan, yakni menunjukkan lokasi, selanjutnya adalah fitur yang selalu ada pada GPSmap adalah tracklog/ rekaman perjalanan. Nah.. sebenarnya fitur tracklog inilah yang akan kita manfaatkan untuk mengukur luas lahan.
Mengapa bisa demikian?
Pada system GPS, ada sebuah menu Track yang akan merekam setiap perjalanan anda.nahh…  Jika sebuah track berjalan, dan track tersebut mengelilingi sebuah tempat sementara titik awal dan titik akhirnya adalah sama, maka dari data track tersebut GPS akan mengkalkulasi panjang perjalanan dan luas lahan yang dikelilingi.
Berbicara menganai kekurangan, itu pasti ada
Karena GPSmap ini mempunyai tingkan akurasi, yakni 5-10meter , tentu akan berpengaruh dari hasi pengukuran, berapa tingkat kesalahannya…?? Saya tidak tahu pasti.. yang jelas tidak  berbeda jauh sekali ketika anda menggunakan theodolit…. (asumsinya adalah medannya datar, bukan berbukit2).
Oleh karenanya GPSmap ini cocok jika digunanakan untuk perhitungan kasar. Untuk lebih tepatnya ketika anda membutuhkan dengan tingkat ketelitian/akurasi <1m silahkan anda gunakan GPS geodetic/ thedolit…. Yang pasti harga memang akan berbicara
  

Sekian, semoga membantu

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar